Sabtu, 12 Januari 2013

Cek Windows Experience Index Windows 8

Sebagian besar pengguna komputer tidak mengetahui secara detail mengenai hardware pada PC yang digunakan. Bahkan bagi kebanyakan orang, hal ini dianggap rumit dan memusingkan. Untuk memudahkan sebagian besar pengguna komputer, Microsoft memperkenalkan fitur Windows Experience Index yang dirilis pertama kali saat meluncurkan Windows Vista. Fitur index ini merupakan sebuah alat benchmark yang digunakan untuk mengetahui perkiraan nilai experience atau penggunaan komputer berdasarkan hardware yang dimiliki. Hasil nilai yang diberikan akan memberikan gambaran bagaimana sistem komputer kamu bekerja, termasuk word processing, fitur Windows basic atau advanced atau pengoperasian grafis. Tujuannya adalah untuk memberikan software yang direkomendasikan, agar pengguna PC dapat mengetahui software atau program apa yang cocok dan dapat digunakan berdasarkan analisa hardware yang dilakukan sehingga komputer dapat digunakan secara maksimal.  

Apakah yang Dimaksud Windows Experience Index?

Untuk lebih tepatnya, Windows Experience Index adalah sebuah alat untuk mengukur performa PC kamu berdasarkan konfigurasi hardware dan software. Konfigurasi yang diukur antara lain CPU, RAM atau GPU. Nilai atau score yang muncul disini bukan rata – rata, melainkan nilai terendah suatu komponen. Saat ini, nilai tertinggi untuk suatu komponen adalah 7.9.  

Bagaimana Cara Mengetahui Base Score?

Untuk mengetahui Base Score kamu, klik Start pada Windows dan ketik ‘experience index’ pada kotak search yang tersedia. Pilih Check the Windows Experience Index. Cek Nilai Hardware Komputer dengan Windows Experience Index
 Bagi yang menggunakan laptop atau netbook, kamu harus menggunakan adapter, karena tes ini tidak dapat berjalan menggunakan baterai. Klik tombol Refresh di bagian atas untuk mengakses Experience Index Control Panel saat menggunakan baterai pada laptop.

Cek Nilai Hardware Komputer dengan Windows Experience Index
Untuk mengetahui nilai atau score PC saat ini, klik Re-run di kanan atas.  

Apa Arti Angka yang Muncul?

Base score memberikan gambaran kemampuan PC kamu untuk menjalankan tugas atau program. Singkatnya, kamu akan mengetahui ‘pekerjaan’ apa yang cocok untuk PC kamu. Berikut penjelasan singkat dari score yang diberikan :
  • 2.0 – cocok untuk penggunaan tugas dasar komputer
  • 3.0 – cocok untuk penggunaan Aero dan fitur dasar Windows 7
  • 5.0 – cocok untuk multitasking dan fitur baru Windows 7
  • 7.0 – cocok untuk penggunaan tingkat lanjut, ditambah dengan grafis tingkat tinggi
Sementara itu, subscore membantu kamu untuk menentukan komponen mana yang perlu di upgrade, bukan hanya untuk meningkatkan base score, melainkan untuk meningkatkan kemampuan PC dalam menjalankan suatu fungsi. Contohnya, jika kamu menggunakan PC untuk bekerja dan multitasking, kamu perlu memfokuskan peningkatan subscore untuk CPU dan RAM, sementara subscore untuk graphic dapat diabaikan. Cek Nilai Hardware Komputer dengan Windows Experience Index  

Bagaimana Cara Meningkatkan Base Score?

Base score dinilai berdasarkan subscore terendah. Artinya, kamu perlu meningkatkan komponen dengan subscore terendah untuk dapat meningkatkan Base Score. Satu – satunya cara untuk meningkatkan subscore adalah dengan melakukan upgrade pada komponen yang bersangkutan. Contohnya, untuk mendapat nilai subscore komponen memori yang lebih baik, kamu perlu meng-upgrade RAM yang lebih besar atau lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk subscore kategori lainnya. Sayangnya, tidak semua komponen hardware mudah untuk di-upgrade. Contohnya, jika kamu menggunakan laptop, upgrade grafis atau processor tidaklah mudah, bahkan pada beberapa tipe tidak dapat dilakukan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai detail hardware pada PC/ laptop, kamu bisa menggunakan software CPU-Z yang dapat dengan mudah kamu download dan gunakan.


 Download CPU-Z disini.  


Atau juga J-Tech Softwares Windows 8 Rating changer, yang memungkinkan kebebasan kepada penggunanya untuk memasukkan rating pada point-point subscore Windows Experience Index sesuai kehendak, yang tentunya rating tersebut diantara 1 – 7.9, yang akhirnya pada score terendah yang akan tampil mewakili score Windows Experience Index pada komputer dengan OS windows 8 tersebut.


Untuk yang mau download softwarenya silahkan klik disini Download
Deddy Surjanto Berbagi Informasi Updated at: Sabtu, Januari 12, 2013

2 komentar:

Entri Populer