Senin, 04 Februari 2013

Tips Memilih Domain


Sebuah situs atau blog pasti memiliki sebuah domain. Keunikan dari sebuah domain adalah tidak ada satupun di dunia yang memiliki domain yang sama dengan exatensi yang sama.

Berikut ini beberapa Tips Memilih Domain Bagus yang saya baca dari berbagai blog.
1. Singkat
Singkat dalam artian tidak memiliki banyak huruf, semakin kurang huruf yang di gunakan semakin baik. Tapi tidak asal sekedar singkat, misalnya buat domain wgpr.com, memang singkat tapi sulit dilafalkan.


2. Mudah dilafalkan atau dihafal
Domainnya mudah dilafalkan atau dihafal sehingga penulisannya tidak rumit. Jangan asal singkat tetapi usahakan mudah di ingat dan dilafalkan. Katanya domain itu jika terdiri dari satu kata adalah emas, dua kata adalah baik, tiga kata adalah lumayan dan lebih dari itu adalah ide buruk.


3. Ekstensi
Domain dengan ekstensi dotcom adalah domain yang paling bagus, tetapi jika ektensi ini sudah di ambil orang lain maka pilihan kedua adalah dotnet dan ketiga adalah dotorg.

4. Trademark
Jangan memilih domain yang mengandung kata trademark (Merek dagang) atau berhak cipta seperti merek sebuah produk. Karena bisa saja sobat akan di tuntut oleh yang punya mereka dagang. Misalnya Indomiedotcom atau Sosrodotcom.


5. Hindari penggunaan tanda (-) atau angka
Sedini mungkin untuk menghindari penggunaan tanda strip (-) karena kebiasaan orang dalam mengetik sebuah kata, sangat jangan menggunakan tanda strip kecuali tanda berulang. Begitupun dengan penulisan angka yang pada umumnya orang akan mengetik tulisan untuk penulisan angka pada domain


6. Deskriktif
Domain yang dipilih mengandung kata yang menjabarkan tentang situs atau blog yang kita buat. Sehingga penjelasan tentang situs kita sudah bisa tergambar melalui domain saja.


Namun sebagian master SEO mengatakan bahwa pemilihan domain di upayakan mengandung Keyword (Kata kunci). Tindakan pertama yang dilakukan adalah memang harus pendek dan mengandung kata kunci, kecuali kalau memang sudah tidak bisa lagi mendapatkan domain yang pendek, menggunakan domain yang panjang dan mengandung kaca kunci bukan sebuah pilihan yang salah.

Deddy Surjanto Berbagi Informasi Updated at: Senin, Februari 04, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer