Minggu, 21 Oktober 2012

Review Blackberry 10 (Dev Alpha)

 

Blackberry 10 merupakan sebuah perangkat seluler yang saat ini sedang dikembangkan oleh RIM. Smartphone ini nantinya akan menggunakan OS BB10 yang dapat berjalan pada smartphone full touchscreen sama seperti kebanyakan smartphone saat ini yang menggunakan WP7.5, Android dan iOS. Kami tidak tahu apakah nama Blackberry 10 akan digunakan sebagai nama OS saja atau juga menjadi nama Smartphone. RIM mengungkapkan setidaknya ada 3 fitur yang berbeda dari OS besutan vendor lain yaitu kamera, keyboard, dan aplikasi switching. Penasaran seperti apa wujudnya ? Langsung aja kita bedah bersama – sama Blackberry 10 smartphone terbaru dari RIM ini.



BlackBerry 10
Saat ini RIM telah membagikan smartphone ini kepada 2000 developer agar mereka dapat memahami seluk beluk dari OS BB10 dan membuat aplikasi yang sesuai. Kami sendiri masih belum mengetahui seberapa banyak aplikasi yang bakal menghinggapi BB10.
Sejujurnya BB10 tidak banyak berbeda dengan OS pada Playbook yang sepenuhnya dikendalikan oleh layar sentuh. Sedangkan smartphone Blackberry 10 menggunakan bahan cukup halus dengan sudut yang melengkung berbentuk curve. Terlihat ada sebuah port micro USB , port HDMI serta tombol kecil panjang tepat ditengah bawah layar.

Bukan Hasil akhir




Direktur RIM mengatakan bila perangkat ini bukan merupakan hasil akhir pengembangan yang nantinya akan diproduksi massal. Dia bilan kalau Blackberry 10 Dev Alpha ini hanya ditujukan sebagai pedoman kepada developer aplikasi dan game agar dapat terintegrasi. Misalnya kesesuaian RAM, prosesor, serta resolusi saat menjalankan aplikasi tersebut.
Blackberry 10 memiliki layar berukuran 4,2 inchi dengan resolusi 1280×768 lebih besar dari iPhone 4S yang hanya 960×640 piksel sehingga membuat font nampak lebih kecil. Selain itu juga memiliki kamera depan, sensor jarak, speaker dibagian bawah, dan kamera belakang yang mempunyai flash.
Spesifikasi lainnya  masih belum diumumkan, tapi yang jelas perangkat ini sangat membantu developer program untuk menguji secara langsung kinerja aplikasi yang dibuat olehnya.

Tidak ada Slot MicroSD


Sayangnya handset ini tidak memiliki slot memori microSD dan hanya memiliki satu slot untuk SIM card. Mirip seperti HTC One X, Blackberry 10 memiliki Micro SIMcard tray untuk membuat bodi menjadi lebih ramping dan stylis, tidak seperti Nokia Lumia yang harus membukanya dengan alat khusus.
Blackberry 10 juga dibekali dengan fitur NFC, dimana fitur ini dapat kita jadikan sebagai alat transaksi jual beli ditempat yang sudah mendukungnya.

Harga BlackBerry 10


Perihal harga memang masih belum diungkap oleh RIM semoga saja harganya dapat bersaing dengan smartphone yang sudah ada saat ini. Kemungkinan besar RIM akan tetap mempertahankan citra esklusifnya yang membanderol gadget barunya dengan harga fantastis. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Spesifikasi Blackberry 10 Dev Alpha

Selain itu, beberapa keunggulan Blackberry 10 Dev Alpha juga dipamerkan. Salah satu fitur unggulan Blackberry 10 adalah full touch screen, kita bisa membuka halaman, menemukan notifikasi juga bernavigasi dalam satu layar.

Fitur lainnya yaitu Text Input yang telah mengusung fitur Word suggestion, pada keyboard ketika kita mengetik suatu kata, maka akan secara otomatis akan memprediksi kata yang akan diketik. Jadi pengguna tidak perlu mengetik satu persatu kata. ( Video Preview Blackberry 10 Dev Alpha )

Pada kamera blackberry 10 terdapat fitur yang sangat menarik, mereka menyebutnya continuous autofocus, dimana fitur ini mampu mengulang atau memperbaiki foto.


Foto Kamera Blackberry 10 Dev Alpha

Maksudnya, ketika pengguna mengambil gambar wajah seseorang dan mendapati gambar wajah seseorang tersebut sedang mengedipkan mata, dengan menggunakan continuous autofocus kita bisa memperbaiki dengan men-scroll sejumlah frame maju atau mundur sehingga pengguna bisa menentukan posisi yang tepat dalam foto tersebut.



 


Sumber :

Deddy Surjanto Berbagi Informasi Updated at: Minggu, Oktober 21, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer